Selasa, 01 Mei 2012

Wawasan Nusantara


tugas ke-3 Wawasan Nusantara
A.  Latar Belakang dan Pengertian

kata wawasan berasal dari  bahasa jawa  yaitu wawas  yang artinya melihat atau memandang jadi wawasan  dapat diartikan cara pandang atau cara melihat. Upaya pemerintah dan rakyat menyelenggarakan kehidupannya, memerlukan konsepsi berupa wawasan nasional yang dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup, keutuhan wilayah serta jati diri.
Wawasan nasional adalah suatu cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang  diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung serta pembangunannya  di dalam bernegara  di tengah-tengah lingkungannya baik nasional,regional, maupun global.

Sedangkan wawasan nusantara menurut berbagai tokoh yaitu:
a.    Prof.Dr.Wan Usman
Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
b.    Kelompok kerja LEMHANAS 1999
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsam dan bernegarauntuk mencapai tujuan nasional.
Sedangkan pengertian yang digunakan sebagai acuan pokok ajaran dasar wawasan nusantara  sebagai geopolotik Indonesia adalah cara  pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragan dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan dalam  setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional
Landasan Wawasan Nusantara
Idiil                      è Pancasila
Konstitusional        è UUD 1945

B.    Unsur Dasar Wawasan Nusantara
1.     Wadah
2.    Isi
3.    Tata laku
C.    Asas Wawasan Nusantara
Merupakan ketentuan- ketentuan yang harus ditaati, dipenuhi, dipelihara, dan di ciptakan agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen/ unsur pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama.  Asas wawasan terdiri:
a.    Kepentingan/ tujuan bersama
b.    Keadilan
c.    Kejujuran
d.    Solidaritas
e.    kerja sama
f.    kesetiaan terhadap kesepakatan
D.   Implementasi Wawasan Nusantara
a.    Implementasi politik:
Adalah menciptakan iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis, mewujudkan pemerintahan yang kuat,dipercaya  dan aspiratif.
b.    Implementasi social budaya:
Adalah menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan sebagai kenyataan yang hidup disekitarnya dan merupakan karunia Sang Pencipta.
c.    Implementasi ekonomi:
Adalah menciptakan tatanam ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraaan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil
d.    Implementasi pertahanan keamanan:
Adalah menumbuhkan rasa cinta tanah air,dan membentuk sikap bela Negara pada setiap WNI.
sumber:
www.elearning.gunadarma.ac.id
OPINI:
Menurut saya wawasan Nusantara sangat penting dimiliki oleh setiap warna Negara Indonesia karena dari sinilah kita mempelajari nusantara kita yang begitu luas dengan berbagai pulau dan suku, ras, agama.
Dimana wawasan nusantara Negara kita idiilnya yaitu pancasila dan konstitusionalnya yaitu UUD 1945. Dari berbagai macam implementasi wawasan nusantara intinya kita harus memiliki rasa tanggung jawab, cinta tanah air, bela Negara, dan berfikir untuk memajukan bangsa Indonesia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar