Rabu, 10 Oktober 2012

TAWURAN DIKALANGAN PELAJAR


TAWURAN  DIKALANGAN  PELAJAR


Tawuran dikalangan pelajar sudah seperti hal yang biasa dikalangan pelajar Indonesia. Bukan hanya dikalangan mahasiswa, tetapi dikalangan SMP, dan SMA. Tawuran pelajar itu sendiri terkadang didasarkan pada alasan yang tidak jelas dan tidak masuk akal seperti karena saling ejek  antar anak sekolah yang akhirnya berujung pada tawuran.  Hal yang paling mencengangkan adalah ketika ajang tawuran dijadikan ajang unjuk kekuatan diantara para pelajar, dimana ketika pelajar tersebut menang dari tawuran tersebut, maka dianggap sebagai jagoan.
Dunia pendidikan terlalu sering dicemarkan dengan hal-hal seperti ini dimana tiap sekolah hanya memikirkan kualitas otak para anak didiknya, tetapi disatu sisi kualitas mental anak didiknya tidak diperhatikan. Contoh sederhana dan nyatanya saja dilingkungan sekolah SMP,SMA, dan Universitas ajang Mos dan Ospek dijadikan ajang balas dendam kepada junior-juniornya karena mereka merasa ketika dulu mereka masuk diperlakukan hal yang sama oleh para seniornya. Dimulai dari hal pemalakan, pengancaman, sampai pemukulan yang berakhir tewasnya pelajar/ junior tersebut.
Senioritas seperti inilah yang harusnya disadari oleh sekolah jangan hanya memandang sebelah mata saja dengan kejadian seperti ini. Karena sekolah yang selalu membiarkan hal seperti ini yang berakibat anak-anak didiknya bertindak diluar batas kewajaran sebagai pelajar. Penggelompokan atau geng  yang biasanya ada dilingkungan sekolah juga salah satu faktor dimana sekelompok anak tersebut mendominasi anak-anak yang dianggapnya dapat ditindas.
Dilingkungan sekolah yang tidak ketat dan membiarkan ajang mos/ospek yang seperti itu dan terus membudaya akan merusak mental anak didiknya ditiap generasi. Belum lagi sejarah sekolah yang kerap tawuran, membawa para senior memberikan pengajaran kepada junior-juniornya bahwa sekolah tertentu adalah musuhnya, dimana musuh harus dihilangkan dan ketika itu juga para senior memberikan strategi-strategi kepada para juniornya untuk menyerang sekolah yang dianggapnya musuh.
Lingkungan keluarga yang kurang atau bahkan tidak baik turut menambah faktor para pelajar melakukan hal tersebut.  Pelajar yang stres dengan masalah yang ada dilingkungan keluarga kerap kali melakukan hal-hal yang tidak baik sebagai pelampiasan dari rasa stresnya di dalam keluarga atau didalam keluarga tersebut orang tua selalu bertindak kasar dengan cara memukul, cara yang demikian membuat seorang anak menjadi kasar dan emosional dalam menanggapi segala sesuatu yang menurutnya salah. Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat memengaruhi pelajar bersikap seperti itu, karena pelajar masih dalam emosi yang labil, dapat berubah-ubah dimana pada saat yang seperti ini peran seluruh lingkungan sangat diperhatikan.


Solusi atas tawuran pelajar:
Menurut saya solusi yang baik untuk para pelajar adalah diajarkan lagi pelajaran  budi pekerti, dimana mata pelajaran tersebut sudah lama sekali hilang dari kurikulum sekolah. Pelajaran budi pekerti mengajarkan generasi muda tentang tenggang rasa, saling mengasihi antar manusia, menghargai, sopan santun, dan lain-lain yang sifatnya memberikan bimbingan mental kepada para pelajar sehingga pelajar memiliki kecerdasan otak dan kecerdihan dalam menyikapi segala sesuatu dan tidak cepat emosional.
Selain itu peran serta semua pihak turut andil, dimana tidak bisa satu pihak saja yang disalahkan atau bertanggung jawab terhadap anak, lingkungan keluarga yang baik tidak ada kekerasan, pendidikan agama yang baik yang ditanamkan oleh orang tua, orang tua peran aktif dalam memantau anaknya seperti bukan hanya memposisikan dirinya sebagai orang tua saja tetapi juga sebagai teman, tempat anak berkeluh kesah sehingga orang tua tahu apa yang terjadi dengan anak-anaknya dan bisa memberikan masukan yang baik terhadap anaknya, bukan anak berkeluh kesah pada orang lain dan terjerumus dengan hal-hal yang tidak baik.
Peran sekolah juga memengaruhi seperti diadakannya acara lomba-lomba yang mengundang sekolah lain, sehingga pelajar bisa bertemu dengan pelajar dari sekolah lain untuk unjuk kecerdasan atau bakat yang mereka punya, wadah untuk para pelajar menyalurkan kreativitasnya diberikan oleh sekolah sehingga pelajar berpacu dalam kreativitas bukan anarki.
Acara Ospek atau Mos yang selalu diadakan dilingkungan sekolah harus dirubah bukan ajang perpeloncoan terhadap anak baru, tapi acara keakraban terhadap senior ke junior. Senior memperkenalkan lingkungan sekolah/ kampus kepada junior, memberikan pengarahan bagaimana sistem belajar yang ada disekolah/ kampus tersebut, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar